Sabtu, 15 Maret 2014

Tugas I : Perkembangan dan Klasifikasi Akuntansi

Perkembangan
Standar dan praktik akuntansi setiap Negara merupakan hasil dari interaksi yang kompleks diantara factor ekonomi, sejarah, kelambagaan, dan budaya. Didapat juga akan terjadinya perbedaan antar Negara. Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan akuntansi nasional juga membantu menjelaskan perbedaan akuntansi antarbangsa.
Delapan factor yang memiliki pengaruh signifikan dalam perkembangan akuntansi:
1. Sumber pendanaan
       Di negara-negara dengan pasar ekuitas yang kuat akuntansi memiliki focus untuk membantu investor menganalisi arus kas masa depan dan resiko terkait. Sebaliknya dalam system berbasis kredit, akuntansi memliki focus atas perlindungan kreditor melalui pengukuran akuntansi yang konservatif.
2. System Hukum
     Sistem hukum menetukan bagaimana individu dan lembaga berinteraksi. Didunia barat memiliki dua orientasi dasar hokum kode (sipil) dan hokum umum (kasus), namun juga terdapat hukum dasar yang cenderung tidak terlalu detail dan fleksibel bila dibandingkan  system kode. Hal ini memungkinkan aturan akuntansi menjadi lebih adaptif dan inovatif.
3. Perpajakan
         Ketika akuntansi keuangan dan pajak terpisah, kadang-kadang aturan pajak mengharuskan penerapan prinsip akuntansi tertentu.
4. Ikatan politik dan ekonomi
    ntergrasi ekonomi memlalui pertumbuhan perdagangan dan arus modal internasional merupakan pendorong kuat akan konvergensi standar akuntansi.
5. Inflasi
      Inflasi menyebabkan distorsi terhadap akuntansi biaya historis dan memengaruhi kecenderungan (tendensi) suatu Negara untuk menerapkan perubahan harga terhadap akun-akun perusahaann.
6. Tingkat Perkembangan Ekonomi
     Factor ini memengaruhi jenis transaksi usaha yang dilaksanakan dalam suatu perekonomian dan menentukan manakah yang paling utama.
7. Tingkat Pendidikan
       Standar dan praktik akuntansi yang sangat rumit akan menjadi tidak berguna jika disalahartikan dan disalahgunakan, oleh karena itu dibutuhkan pikah yang berkompeten agar menjadi informative.
8. Budaya
         Variable budaya mendasari pengaturan kelembagaan disuatu Negara (seperti system hukum).

Klasifikasi
            Klasifikasi akuntansi internasional dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu dengan pertimbangan dan empiris. Pertimbangan bergantung pada pengetahuan, intuisi dan pengalaman. Sedangkan empiris menggunakan metode statistic untuk mengumpulkan basis data prinsip dan praktik akuntansi seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar