Selasa, 15 April 2014

Tugas 4 : Translasi Mata Uang Asing

Translasi adalah proses penyajian ulang informasi keuangan dari satu mata uang ke mata uang lainnya. Perusahaan dengan operasi luar negeri yang signifikan menyusun laporan keuangan konsolidasi yang memungungkinkan para pembaca laporan untuk mendapatkan pemahaman yang holistik akan operasi  perusahaan. Untuk mencapai hal ini,laporan keuangan anak perusahaan luar negeri yang berdenominasi dalam mata uang asing disajikan ulang dengan mata uang pelaporan induk perusahaan.
Translasi tidak sama dengan konfersi,yang merupakan pertukaran dari satu mata uang ke mata uang  lain secara fisik . translasi hanyalah perubahan satuan unit moneter,seperti hal nya sebuah neraca yang di nyatakan dalam pound inggris di sajikan ulang ke dalam nilai ekuivalen dolar as dan tidak ada pertukaran fisik yang terjadi.

Permasalahan yang terjadi dalam translasi mata uang asing
Ketidak stabilan kurs nilai tukar menjadi salah satu permasalahannya,mata uang Negara-negara maju menemukan nilai nya secara bebas dalam pasar mata uang. Nilai tukar yang berfluktuasi secara khusus terjadi di eropa timur,amerika latin dan beberapa bagian asia. fluktuasi  mata uang meningkatkan jumlah nilai tukar translasi yang dapat digunakan dalam proses translasi dan menimbulkan keuntungan dan kerugian mata uang asing. Pergerakan mata uang juga sangat berhubungan erat dengan tingkat inflasi local.


Ada 3 nilai tukar yang dapat di gunakan ketika melakukan translasi saldo dalam mata uang asing menjadi mata uang domestic . pertama, kurs kini (current)adalah kurs nilai tukar  pada saat tanggal laporan keuangan.kedua,kurs historis(historical)adalah kurs nilai tukar pada saat suatu aktiva dalam mata uang asing pertama kali diperoleh. Ketiga, kurs  rata-rata (average) yaitu  rata-rata dari kurs nilai tukar kini dan kurs nilai tukar historis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar